30 Januari 2009

angket karyawan...lucu

Beberapa hari yang lalu terbersit ide untuk bikin angket buat karyawan toko, dan saat angket tersebut saya sampaikan ke karyawan ternyata seru juga...Jawaban yang beraneka ragam dan kita menjawab dengan ketawa-ketiwi..pertanyaan saya bacakan dan karyawan menjawab di kertas kosong seperti saat ujian dan mereka berjauhan tidak boleh saling mengintip..

Pertanyaan pertama adalah : pekerjaan apa yang kalian rasakan paling berat selama bekerja di sini ?. Hampir sebagian besar menjawab " saat harus bongkar barang saat barang datang..". ( memang saat bongkar barang adalah saat yang paling capek karena selain harus menghitung, memisahkan per model dan masih harus menyusunnya ke dalam rak...).

Pertanyaan kedua adalah : Hari apa yang paling tidak kalian suka ? Hampir semua juga menjawab hari minggu...( karena biasa nya hari minggu itu paling ramai sehingga jarang ada waktu mereka untuk bisa istirahat...).

Pertanyaan ketiga adalah : Siapa diantara karyawan yang paling tidak kalian suka dan apa alasannya ..? Nah pertanyaan ini di tanggapi mereka dengan tertawa yang ramai sekali...dan mereka ragu menuliskannya..sampai saya harus meyakinkan mereka bahwa orang yang akan di tulus tidak akan pernah tau...!!, baru mereka menulis sambil senyum2....dan hasilnya.....sungguh mengejutkan buat saya...!!

Pertanyaan keempat adalah : Siapa konsumen yang paling tidak mereka sukai..? Pertanyaan ini juga di sambut denga tawa yang sangat meriah...dan ini butuh waktu hanya sebentar untuk menjawabnya...Hasilnya 80 % karyawan menjawab orang yang sama...ha...ha....

Pertanyaan ke lima adalah: apa masukan atau usul mereka buat toko kita..
Dan subhanallah masukan2 mereka sangat bagus dan sangat di luar dugaan saya, bahkan ada ide yang sangat bagus untuk segera di terapkan di toko kita.alhamdulillah...

Tenyata angket yang hanya memakan waktu sebentar ini, tapi memberi hasil yang sangat luar biasa...karyawan merasa lega karena bisa mengeluarkan uneg2 mereka....dan jadi membuat mereka merasa lebih di hargai karena mereka di mintai pendapat, masukan dan ide2 mereka untuk kemajuan toko..

Dan mengenai agen ( konsumen ) yang 'menyebalkan'...akhirnya kita membahas sambil ketawa - ketiwi dan mereka curhat bahwa yang membuat mereka tidak suka terhadap agen tersebut antara lain :
  1. Agen yang suka menyuruh - nyuruh mereka dengan gaya arogan dan suka menyalahkan atau bahkan memarahi bila ada barang pesanan mereka yang tidak ada..
  2. Agen yang suka ingin tau dan suka menyelidiki siapa agen yang berbelanja paling banyak..
  3. Agen yang suka membeli banyak....tapi selalu retur yang juga banyak....Capek bu...kata mereka.
  4. Agen yang selalu minta di dahulu kan padahal sudah di jelaskan ada daftar antrian..
  5. Agen yang rewel kadang2 barang sudah di nota, di packing tau - tau seenaknya agen tersebut merubah pesanannya sehingga barang nya harus di bongkar ulang....

Dan saat saya tanya agen seperti apa yang mereka sukai..Mereka menjawab :

  1. Agen yang ramah dan menyapa mereka seperti sahabat dan menghargai mereka.
  2. Agen yang tidak rewel dan tidak suka membanding - banding kan diri nya dengan agen lain.

Dari hal di atas saya melihat bahwa yang mereka inginkan dari agen hanya 2 hal yang sebenarnya sangat sederhana. Yang sangat mudah di lakukan tapi kadang2 tidak kita sadari..Saya juga jadi mengaca pada diri saya apakah hal yang mereka minta ada pada saya...?????

1 komentar:

Husna Maulida mengatakan...

hi...hi....jadi ikutan ketawa bacanya bu ... Bikin angket, Ide bagus nih untuk diterapkan juga di kami. Saya tiru ya Bu.
btw ... trus jadi mikir nih... saya termasuk agen yang tipe mana ya ... :D