23 Januari 2009

agen oh...agen...


Allhamdulillah saat ini agen ukthi sudah mencapai 40 an...dulu saat awal iklan yang menjadi agen ukhti adalah teman2 dan saudara..yaitu kakak ipar di medan, sahabat2 ku : mba Nia, Mba Endang, Mba Ririn, 'Mba' Deasy, mba ayu ( untuk malang dan surabaya ), mba nafis ( untuk solo) ...yah itu sebagian dari agen yang aku cari untuk mau menjadi agen ukhti..
dan semua itu adalah dari lingkungan terdekat ku...yang sebelumnya sudah sangat tau bagaimana jatuh bangunnya aku membangun bisinis ini...
bahkan sebelum orang tau tentang ukhti..orang2 ini adalah yang duluan aku mintai pendapat nya...dan sangat memotivasi aku untuk tetap maju...
Alhamdulillah..... mereka saat ini masih tetap setia menjadi sahabat ku...

Dan dengan kondisi saat ini...dengan 40 an agen...ternyata hal yang tidak mudah....
masih banyak yang menjadi agen tapi mental mereka masih mental distributor...knapa???
karena agen sebenarnya adalah perpenjangan tangan dari produsen...produsen tidak melayani penjualan bila di daerah tersebut telah ada agen...
Artinya agen adalah penyedia stock untuk distributor..tapi pada kenyataannya masih banyak agen yang tidak ' sadar stock'
apa itu 'sadar stock'? sadar stock adalah posisi dimana agen harus sadar bahwa ada stock aman dan stock tidak aman..
sebenarnya pada saat menanda tangani MOU perjanjian agen mereka sudah menyetujui tentang stock awal yang 150 potong...artinya itulah stock aman...
tapi kenyataan nya banyak agen2 yang hanya melaksanakan stock awal saja setelah itu mereka hanya memesan barang sesuai pesanan distributor saja...
dan itu pun masih dengan meretur stock yang ada pada mereka....
akhirnya pada saat posisi stock di produsen tidak lengkap mereka menjerit.....padahal kalau stok mereka jaga.. hal ini gak akan terjadi...

hal ini saya alami juga saat saya menjadi agen SIK..bila stock sedikit maka secara otomatis omset penjualan akan turun....
nah saat saya berani stock maka otomatis penjualan akan melejit......

hal ini membuat saya akhirnya berusaha memotivasi agen2 untuk segera sadar stock..
untuk agen2 yang akhirnya mengerti dan melaksanakan langsung terasa penjualan mereka meningkat...
bahkan ada yang baru 3 bulan sadar stock keuntungannya sudah seharga motor baru....wow...
tapi ada juga yang cuek tidak perduli....sehingga akhirnya posisi agen dalam keadaan kritis..
dan siap2 untuk di hapus dari iklan...

smoga semakin banyak agen agen ukhti yang sadar stock....sehingga akan mempengaruhi penjualan dan akhirnya akan meningkatkan pendapatan mereka...





Tidak ada komentar: