03 September 2010

NABUNG...OH SUSAH NYAA......!!!

Hm...baca judul nya aja pasti udah malas baca nya...
pekerjaan yang cukup berat buat sebagian orang....hal yang hanya di lakukan buat orang mampu ( itu yang ada di mindset kebanyakan orang)..

Adalah Mas 'N' yang menginspirasiku menuliskan cerita ini..
beliau adalah salah satu kary ku yang cukup kami andalkan.kemarin saat aku memanggil beliau untuk memberikan Hak THR nya...aku tanyakan kepada nya : '

Mas udah cukup kan tabungannya buat lebaran di kampung...??'
Tabungan apaan bu...!! boro - boro...!! ini aja mau kas bon lagi sama ibu...
Loh kog kemarin2 gak nabung...? kan dapat nya lumayan....?
gak bisa bu....habis semua....!!!
hm.....padahal pendapatan mas lebih banyak loh dari yang lain....yuk kita hitung yuk....( aku mengambil buku gaji mingguan yang mencatat pengeluaran gaji buat karyawan mingguan)
ini mas...dalam 6 bulan ini mas total mendapat kan 28 juta lebih loh....!! belum termasuk uang tambahan bulanan yang kadang2 kita kasi kan?
hah.....!!! masa sih bu.....kata si mas dengan muka yang tidak bisa menyembunyikan keterkejutannya....
ini data nya......coba hitung ,,  kata saya sambil menyodorkan buku dan kallulator...
dia pun sibuk pencet kalkulator dengan serius...dan.....dia kembali menatap ku bengong...
iya ya bu....kog uang nya ndak ada yaaa...???
kemana uang nya mas...kata ku dengan serius.....
kirim ke kampung juga gak semua...kontrakan, gas, agua dah dibayarin ibu....aku pake cuma buat makan sama rokok ku aja,...jajan juga jarang bu...!! katanya mulai tegang....
kalo liat angkanya harusnya menurut mas bisa nabung gak..?
iya lah bu...itu banyak banget...!!
aku mulai kasian melihat kepolosan nya..
mas....saya cerita dikit yaa....saya menikah dengan bapak thn 1995 , gaji bapak cuma 400rb.
mas waktu itu gaji nya berapa?
tahun segitu gaji ku udah 600 rb bu...
banyakan gaji mas dong dari suami saya...bisa nabung gak..??
gak bisa bu....
saya bisa nabung 50 rb sebulan mas....!!
waktu tahun 2001 kami pindah ke jkt, gaji suami saya cuma 2 jt dengan anak sudah mau 2 ( lagi hamil anak ke 2)....buat ongkos aja ke kantornya separuh gaji dah habis mas...( suami ku masih kary kontrak bank mandiri cabang Juanda) gaji mas waktu itu berapa ?
gaji ku udah 2.5 jt bu..anak2 ku di kampung, aku kerja gak pake ongkos....
bisa nabung gak..?
yah nggak lah bu...!!!
saya bisa nabung 100 rb sebulan....
dia mulai geliah mendengar omongan ku...( mungkin dlm fikirannya , bakal lama ni di ceramahin... )
sekarang pun saat Allah memberi REZEKI LEBIH pada kami, mas bisa liat penampilan saya dan suami..gak ada yang berubah..suami saya tetap dengan kaos oblong nya. hp lamanya dan sandal jepit  nya..saya tetap dengan baju yang itu2 aja...knapa :? bukan kami gak bisa 'gaya' seperti orang...!!
tapi kami lebih memilih tetap sederhana....dan itu nikmat sekali....
akhirnya aku katakan kepada dia....
mas...nabung itu gak nunggu uang 'lebih'...kalo nunggu uang 'lebih' pasti gak bakal lebih...coba pas nerima uang, mas langsung nyimpan, pasti bisa...
gak juga bu...soalnya ada atm, jadi tinggal ambil lagi...
kalo niat nabung gak di ambil2, mending jangan yang pake atm mas...
gak usah banyak2....misalnya 50 rb perbulan, ngurangi jatah rokok sedikit lah...kalo gak di ambil2 selama 2 tahun  udah 1.2 juta loh....apalagi saya yakin mas bisa nabung lebih dari itu kan..??
dia diam....
atau nitip saya juga bisa kalo malas ke bank....nanti kalo mau ambil saya gak kasi jadi uang nya tetap di simpen..
dia masih diem.....
coba deh fikir2 kalo uang 28 juta selama 6 bulan yang mas peroleh itu, bisa nyimpan 1 juta aja ( berarti cuma 41 rb perminggu) , kan lumayan buat lebaran ke kampung mas....
dia tetap diem....
melihat sudah tidak ada reaksi...'ya udah mas pulang aja deh..saya juga mau pergi nih....'.
ya bu..permisi.....katanya ngeloyor pergi...

besok pagi aku dapat sms dari si mas tersebut. bunyi nya : bu ada waktu gak,...saya mau bicara...

bu....aku gak bisa tidur tadi malam..katanya mengawali cerita nya..
loh knapa....??
aku jadi kepikiran omongan ibu...
maaf deh kalo omongan saya jadi bikin mas pusing..
gak pa pa bu..justru saya jadi mikir....kog saya gak bisa nabung yaa....saya jadi malu bu
mas...kalo mas jadi mikir,...itu malah bagus....artinya mas mau berubah...paling berat emang menabung pada saat kita pas pas an...kalo nabung wkt kita 'lebih' mah gampang.....
iya bu....
jadi gimana....??
ntar abis lebaran , saya udah niat....saya mau nitip uang aja sama ibu. pokok nya saya mau nabung bu...!!! saya gak mau gini2 terus...saya pengen bisa punya motor, saya pengen hidup saya gak gini2 aja....!! katanya penuh semangat...
 alhamdulillah.....kata ku.....senang karena ada manfaat dari pembicaraan kemarin...
tapi bu....saya boleh kas bon dulu gak buat beli baju lebaran anak2....???

gubraaak...!!!!









 

Tidak ada komentar: